RENSTRA 2021-2026

RENSTRA 2021-2026
Lihat Berkas & Download

RENSTRA

KECAMATAN GATAK
KABUPATEN SUKOHARJO
TAHUN 2021 - 2026

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang


Kecamatan adalah bagian wilayah dari Daerah yang dipimpin oleh Camat. Dalam pelaksanaan tugasnya, Kecamatan merupakan pembantu Bupati dalam peningkatan koordinasi penyelenggaraan pemerintah, pelayanan publik dan pemberdayaan masyarakat kelurahan. Kecamatan melaksanakan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Bupati untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah, yang ditetapkan dengan Peraturan Bupati.


Kecamatan terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, yaitu dengan peningkatan sarana dan  prasarana wilayah, yang semua itu bertujuan untuk meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pemerintah kecamatan yang berimbas kepada kemajuan pembangunan di wilayah kecamatan.


Sejalan dengan besarnya tuntutan masyarakat terhadap pelaksanaan good governance, kebutuhan terhadap pelayanan publik yang berkualitas juga semakin besar. Guna merespon hal tersebut, diperlukan perencanaan pembangunan yang sistematis, terarah, menyeluruh serta tanggap terhadap dinamika tuntutan masyarakat. Perencanaan tersebut dituangkan dalam Rencana Strategis Perangkat Daerah (Renstra PD).


Perencanaan Strategis (Renstra) menjadi kebutuhan nyata bagi Kantor Kecamatan Gatak, yang akan digunakan sebagai acuan dalam melaksanakan program dan kegiatan untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Perencanaan strategis merupakan serangkaian rencana tindakan dan kegiatan mendasar yang dibuat untuk dimplementasikan oleh jajaran organisasi dalam rangka mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya. Sesuai dengan Peraturan Bupati Sukoharjo Nomor 82 Tahun 2019 tentang
Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi, Serta Tata Kerja Staf Ahli Bupati, Sekretariat Daerah, Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Inspektorat dan Kecamatan.


Kecamatan Gatak mempunyai tugas melaksanakan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Bupati untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah dan peningkatan koordinasi penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan publik dan pemberdayaan masyarakat kelurahan. Dalam rangka melaksanakan tugas tersebut, maka Kecamatan Gatak perlu menyusun Rencana Strategis (Renstra) tahun 2021-2026.


Rencana Strategis (Renstra) Kecamatan Gatak Tahun 2021-2026 adalah dokumen perencanaan Perangkat Daerah (Renstra PD) untuk periode lima tahun ke depan. Fungsi Renstra PD adalah sebagai acuan dalam penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi perangkat daerah dalam pembangunan daerah. Renstra PD memuat visi, misi, tujuan, kebijakan, program dan kegiatan pembangunan sesuai dengan tugas dan fungsinya, berpedoman pada Rencana Program Jangka Menengah Daerah (RJPMD) yang bersifat indikatif.

Renstra Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo tahun 2021- 2026 akan memberikan pedoman, arah dan tujuan yang jelas bagi Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo dalam merencanakan dan melaksanakan pembangunan tahunan selama lima tahun mendatang.


Dokumen Renstra PD Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo Tahun 2021 – 2026 merupakan dokumen perencanaan pembangunan jangka menengah 5 (lima) tahunan di tingkat Perangkat Daerah, yang penyusunannya tidak lepas dari dokumen RPJMD Kabupaten Sukoharjo Tahun 2021 – 2026. Dokumen Renstra ini sebagai dasar penyusunan Renja PD setiap tahunnya, yang dijadikan sebagai dasar pelaksanaan kegiatan PD. Dokumen tersebut saling terkait antara satu dengan lainnya.

Share :