BERITA TRAMTIB

Ngeri-Ngeri Sedap, Namun Inilah Seni-Seni Tanggap Dunia Siber

8 November 2022

Ngeri-Ngeri Sedap, Namun Inilah Seni-Seni Tanggap Dunia Siber

Pembentukan dan pemberdayaan Computer Security Incident Response Team (CSIRT) dibutuhkan dikarenakan insiden siber pada lembaga pemerintahan semakin tinggi. Hal ini disampaikan oleh SUYAMTO, ST., M.KOM KEPALA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA bersama SUNARNO, SE. M.ENG (KEPALA BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI) serta bersama MUHAMMAD NGADENAN, S.SOS, MM (KEPALA BIDANG PERSANDIAN DAN STATISTIK) Keamanan Siber dan Sandi Kabupaten Sukoharjo  Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN)  yang menjadi narasumber pada hari ini kegiatan sosialisasi SUKOHARJOKAB_CSIRT , dan bimbingan teknis bagi agen siber yang digelar pada Selasa  (08/11/2022) saat ini di SOLO VIEW.

      CSIRT merupakan sebuah organisasi atau tim  yang bertanggung jawab untuk menerima, meninjau dan menanggapi laporan dan aktivitas insiden keamanan siber. Tim ini bentuk dengan tujuan untuk melakukan penyelidikan komprehensif dan melindungi sistem atau data atas insiden keamanan siber yang terjadi pada organisasi.

      Dari media online, CSRIT memulai sejarahnya di Indonesia bermula pada pembentukan ID CERT pada Tahun 1998 yang bertugas untuk koordinasi teknis untuk komunitas dan publik. Pada 2007, Id-SIRTII/CC diresmikan oleh Kementrian Kominfo. Gov-CSRIT resmi diluncurkan oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) pada 2019. CSIRT bekerja dengan menjalankan fungsi reaktif maupun kombinasi reaktif dan proaktif yang bertujuan untuk membantu melindungi dan mengamankan aset kritikal Organisasi dan Konstituen. “Untuk itu, diharapkan MK dapat membentuk CSIRT pada 2022),”

      Dalam kesempatan ini, hadir pula Analis Tata Kelola Keamanan Siber dan Sandi Direktorat Keamanan Siber dan Sandi Pemerintah Propinsi BSSN SUBROTO BUDI UTOMO, S.Kom, M.T (KASI PENGAMANAN PERSANDIAN DAN INFORMASI)  yang menyampaikan mengenai cara mengatasi insiden siber. Menurutnya, selain CSIRT, ada pula SOC yang dapat difungsikan untuk mengatasi insiden siber.

 

Share :