AYO BELAJAR LINGKUNGAN TENTANG SAMPAH

PERESMIAN TPS 3R BLIMBING SEJAHTERA BERSAMAAN Acara WORLD CLEANUP DAY  
Desa Blimbing, Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo, Jum'at 23 September 2022

Dilaksanakan di Halaman dan Pendopo Kantor Kecamatan Gatak Oleh Bupati Sukoharjo Melalui Sekretaris Daerah, Widodo SH.,MH


     Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) di kawasan Pasar Tradisional Desa Blimbing TANJUNG REJO merupakan sistem pengelolaan dan teknologi pengolahan sampah yang dimaksudkan sebagai solusi dalam mengatasi persoalan sampah dan dampak yang ditimbulkannya, khususnya di kawasan Pasar Tradisional . Melalui TPS3R ini, tidak hanya persoalan pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh sampah yang dapat dikurangi, namun juga dihasilkan produk-produk yang bernilai ekonomis dari sampah yang diolah tersebut.

     Penyelenggaraan Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS 3R) merupakan jawaban dari permasalahan sampah saat ini
Diantara konsep utama pengolahan sampah pada TPS 3R, adalah untuk mengurangi kuantitas dan/atau memperbaiki karakteristik sampah, yang akan diolah secara lebih lanjut di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) sampah.

     Meski kehadiran TPS 3R tidak ditujukan untuk menghasilkan suatu produk, tidak berperan sebagai pabrik, misalnya sebagai pabrik kompos, pabrik gas bio, atau pabrik sampah terdaur ulang, namun tujuan kehadiran TPS 3R ialah untuk berperan dalam menjamin kebutuhan lahan yang semakin kritis untuk penyediaan TPA sampah di desa yang serasa masuk situasi perkotaan.

   Senada kebijakan nasional, untuk meletakkan TPA sampah pada hirarki terbawah, sehingga meminimasi residu saja untuk diurug dalam TPA sampah.

      “Kehadiran TPS 3R Pasar Tradisional Desa Blimbing ini, untuk melayani dan mengelolah sampah dari ratusan pedagang dan rumah yang ada di Desa Blimbing dan sekitarnya. Dengan tujuan jangka pendeknya yaitu, terwujudnya peningkatan pemanfaatan TPS 3R menjadi sarana pembelajaran melalui gerakan “AYO BELAJAR LINGKUNGAN TENTANG SAMPAH, di Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo.

 

Share :