BERITA TRAMTIB

Ada Efisiensi dan Efektivitas Pelayanan Publik Yang Dinikmati Masyarakat Gatak

6 Maret 2024

Ada Efisiensi dan Efektivitas Pelayanan Publik Yang Dinikmati Masyarakat Gatak

Di tengah kemajuan teknologi dan kebutuhan masyarakat yang semakin kompleks, pemerintah daerah telah meluncurkan inovasi baru untuk meningkatkan pelayanan publik: layanan SAMSAT online dengan mobil keliling. Maksud dari layanan ini adalah untuk memberikan akses yang lebih mudah dan nyaman bagi masyarakat dalam melakukan berbagai urusan terkait pajak kendaraan bermotor.

Samsat Keliling Kota Sukoharjo sebagai berikut : (Lokasi Utama SAMSAT Keliling Sukoharjo)

  • Senin, 09:00 – 12:00 di Kecamatan Baki
  • Selasa, 09:00 – 12:00 di Kecamatan Gatak
  • Rabu, 09:00 – 12:00 di Kecamatan Nguter
  • Kamis, 09:00 – 12:00 di Kecamatan Mojolaban
  • Jum’at, 09:00 – 12:00 di Kecamatan Tawangsari

     Dengan adanya layanan SAMSAT online melalui mobil keliling, tidak lagi diperlukan waktu dan tenaga untuk datang ke kantor SAMSAT yang mungkin jauh dari tempat tinggal. Masyarakat dapat melakukan pembayaran pajak kendaraan, perpanjangan STNK, atau melakukan berbagai proses administrasi lainnya secara langsung di depan rumah mereka atau di lokasi yang telah ditentukan.

    Mobil keliling ini dilengkapi dengan perangkat teknologi canggih seperti mesin EDC untuk pembayaran non-tunai, printer untuk cetak STNK dan kwitansi pembayaran, serta koneksi internet yang stabil untuk mengakses data kendaraan. Tim pelayanan yang terlatih siap memberikan bantuan dan informasi kepada masyarakat yang menggunakan layanan ini.

     Maksud dari layanan SAMSAT online dengan mobil keliling bukan hanya untuk memudahkan akses bagi masyarakat, tetapi juga untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan publik. Dengan mengurangi waktu dan biaya yang diperlukan untuk melakukan proses administrasi kendaraan, diharapkan dapat mendorong kepatuhan pajak dan meningkatkan pendapatan daerah secara keseluruhan.

    Selain itu, layanan ini juga memiliki dampak positif dalam mengurangi kemacetan dan polusi udara akibat pergerakan kendaraan bermotor yang menuju ke kantor SAMSAT. Dengan memberikan kemudahan akses kepada masyarakat, mobil keliling SAMSAT online menjadi salah satu upaya pemerintah daerah dalam mewujudkan pelayanan publik yang inklusif, responsif, dan berbasis teknologi.

Share :