BERITA AGENDA SEKRETARIS CAMAT TRAMTIB

Selamat Datang Sosialisasi Aplikasi eDMC19 dan eHDW Kecamatan Gatak

29 Juni 2020

Selamat Datang Sosialisasi Aplikasi eDMC19 dan eHDW Kecamatan Gatak

Bahwa, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) meluncurkan dua aplikasi seluler yang bermanfaat untuk membantu dalam hal pencegahan dan penanganan Covid-19 dan kesehatan masyarakat. Dimana, Kedua aplikasi tersebut yakni aplikasi Desa Melawan COVID-19 (eDMC19) dan e-Human Development Worker (eHDW).

Maka pada Hari ini, Senin, 29 Juni 2020 Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sukoharjo melalui aparat dan perangkatnya pada jam 13.00 WIB bermaksud melaksanakan Sosialisasi eDMC19 dan eHDW kepada Para Perangkat Desa yang ditujuk Kepala Desa sebagai pengelola aplikasi eDMC19 dan 1 (satu) orang Kader Pembangunan Manusia (KPM) sebagai pengelola aplikasi eHDW setiap desa.

Sosialisasi tersebut akan dilaksanakan di Pendopo Kantor Kecamatan Gatak. Sekilas mengenai : "Aplikasi eDMC19 dapat digunakan untuk mendata warga pendatang, pemudik, terkena penyakit ringan/berat, penerima bantuan, dan sebagainya. Operator akan mengirimkan data yang didapat melalui tingkat RT sebagai laporan mingguan, bulanan hingga triwulan." Bahwa, Selain Aplikasi Desa Melawan Covid-19, aplikasi lainnya yakni e-HDW. Aplikasi ini untuk memastikan layanan intervensi gizi masyarakat pada masa wabah COVID-19. Dalam kondisi wabah COVID-19, layanan kepada Keluarga 1.000 HPK (Hari Pertama Kelahiran) penting untuk tetap dilakukan untuk percepatan penanganan stunting.

Kiranya, Aplikasi yang akan disosialisasikan ini adalah sebagai solusi digital diantaranya untuk:

  1. Mempermudah Desa dan KPM dalam pengumpulan data, pemantauan, pencatatan dan pelaporan.
  2. Mempermudah KPM dalam memfasilitasi konvergensi pencegahan stunting di Desa, khususnya berkaitan dengan kegiatan pengumpulan data, pemantauan, pencatatan dan pelaporan penerimaan rumah tangga 1.000 HPK.
  3. Menciptakan lebih banyak waktu bagi KPM untuk lebih banyak melakukan advokasi masyarakat Mempermudah masyarakat dan Pemerintah Desa dalam menyusun usulan tentang kegiatan pencegahan stunting di Desa.
  4. Mempermudah Pemerintah Pusat dan Daerah dalam memantau kemajuan tingkat konvergensi pencegahan stunting 1.000 HPK di tingkat Desa secara riil dan ter-update.
  5. Mempermudah Pemerintah Pusat dan Daerah dalam merumuskan kebijakan tentang program/kegiatan pencegahan stunting dengan berbasis data rill dan ter-update.

 

"Aplikasi eHDW untuk memudahkan KPM dalam pendataan, praktiknya akan dapat di lihat melalui situs : https://www.youtube.com/watch?v=kDKvuBW1kTs&feature=youtu.be “.

Share :